Olimpiade Online Nasional

May 24, 2013

PENDAHULUAN

Olimpiade Online Nasional 2013 “Piala Hasri Ainun Habibie” adalah ajang kompetisi antar sekolah pertama se-Indonesia yang diselenggarakan secara online. Kompetisi akan diikuti oleh 100.000 siswa/i yang mewakili 10.000 sekolah tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se-Indonesia.

Kompetisi dilangsungkan dalam 4 tahapan, yaitu seleksi tingkat Kabupaten/Kota, seleksi tingkat Provinsi, Semifinal, dan Final. Materi kompetisi berupa mata pelajaran yang disertakan pada Ujian Nasional berbasis Kurikulum Pendidikan Nasional.

Olimpiade Online Nasional 2013 ini diselenggarakan oleh Orbit Digital dan Geschool. Pemenang kompetisi akan dianugerahi “Piala Hasri Ainun Habibie” dan penganugerahan akan dilakukan oleh Bapak BJ Habibie, di Jakarta.

TUJUAN

Tujuan kompetisi Olimpiade Online Nasional ini adalah :

  1. Mendorong peningkatan kualitas pendidikan di setiap sekolah.
  2. Menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat dan meningkatkan wawasan pengetahuan.
  3. Mendorong pemanfaatan internet secara positif di sekolah. 

PELAKSANAAN

Jadwal pelaksanaan Olimpiade Online Nasional 2013 adalah :

  1. Pendaftaran, dibuka tanggal 15 Juli 2013 dan ditutup tanggal 14 Oktober 2013.
  2. Babak Penyisihan tingkat Kabupaten/Kota dilangsungkan pada tanggal 21 s/d 30 Oktober 2013.
  3. Babak Penyisihan tingkat Provinsi dilangsungkan pada tanggal 1 s/d 8 November 2013.
  4. Babak Semifinal, dilangsungkan pada tanggal 11 November 2013.
  5. Babak Final, dilaksanakan pada tanggal 18 November 2013.
  6. Penyerahan hadiah dan Penganugerahan Piala Hasri Ainun Habibie akan di langsungkan di Jakarta pada hari Sabtu, 19 Desember 2013. 

*Jadwal detil pelaksanaan babak penyisihan akan di informasikan kepada sekolah yang bersangkutan mulai tanggal 15-18 Oktober 2013.

PESERTA KOMPETISI

  • Peserta Olimpiade Online Nasional 2013 adalah sekolah yang diwakili oleh satu tim yang terdiri dari 10 orang siswa/i.  Khusus untuk kategori SMA, sekolah dapat diwakili oleh 2 tim, yaitu satu tim SMA IPA dan satu tim SMA IPS, dimana masing-masing tim terdiri dari 10 orang siswa/i.
  • Seluruh sekolah se-Indonesia berhak untuk mengikuti Olimpiade Online Nasional 2013 sesuai ketentuan.
  • Siswa/i yang dipilih untuk mengikuti kompetisi ini sepenuhnya wewenang sekolah masing-masing.
  • Seluruh siswa/i yang tergabung dalam tim perwakilan sekolah wajib memiliki akun Orbit Digital (cara membuat akun Orbit Digital) dan akun Geschool (cara membuat akun Geeschool).
  • Sekolah atau siswa/i bersedia menyiapkan personal computer / laptop dan koneksi internet atau berada di tempat yang tersedia sarana tersebut (seperti warnet, lab komputer dan lain-lain) pada saat berlangsungnya Olimpiade Online Nasional 2013.

KATEGORI DAN MATERI KOMPETISI

Kategori dan materi yang diujikan pada Olimpiade Online Nasional 2013 dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu :

  1. Kategori tingkatan SD dan sederajat. Materi yang diujikan adalah Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesai.
  2. Kategori tingkatan SMP dan sederajat.  Materi yang di ujikan adalah Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  3. Kategori tingkatan SMA IPA sederajat.  Materi yang diujikan adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesai dan Bahasa Inggris.
  4. Kategori tingkatan SMA IPS sederajat. Materi yang diujikan adalah Matematika IPS, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 

PEMENANG DAN HADIAH

Pemenang Olimpiade Online Nasional 2013 akan dipilih berdasarkan kategori kompetisi dan mendapatkan hadiah, diantaranya :

  1. Piala Hasri Ainun Habibie untuk sekolah pemenang I, II dan III setiap kategori.
  2. Perangkat untuk mendukung fasilitas laboratorium computer sekolah bagi sekolah pemenang I, II dan III setiap kategori.
  3. Medali bagi siswa yang tergabung dalam tim sekolah pemenang I, II dan III setiap kategori.
  4. Piagam Penghargaan bagi siswa yang tergabung dalam tim sekolah Finalis setiap kategori.
  5. Seluruh pemenang pertama setiap kategori (10 siswa/i dan satu guru pendamping) akan diundang untuk mengikuti penganugerahan Piala Hasri Ainun Habibie di Jakarta. Seluruh akomodasi disediakan oleh panitia.

FORMULIR PENDAFTARAN DAN BIAYA

Biaya pendaftaran untuk setiap tim adalah :

  1. Tingkat SD : Rp 75.000,-
  2. Tingkat SMP : Rp 100.000,-
  3. Tingkat SMA : Rp 125.000,-

Formulir pendaftaran peserta dapat diunduh di sini. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan kirimkan bersama dengan bukti pembayaran/transfer via email ke alamat : olimpiade@orbit-digital.com

Apa Kata Mereka?

Kesan Kamu Setelah Mengikuti Roadshow Cinta Iptek?
Jawaban:
  • Dhika (Kelas 5)
    SDN Pulo 03 Pagi Jakarta Selatan
    Acaranya bagus dan seru. Waktu Orbit datang ke sekolah memperagakan percobaan IPTEK kepada anak-anak kelas satu sampai kelas lima. Saya suka video tutorial yang di putar Orbit, jadi pengin mencoba dirumah. Saya jadi suka IPTEK.
  • Armain (Kelas 4)
    SDN Cipete Utara 01 Pagi
    Saya suka Orbit datang ke sekolah, membuat anak-anak jadi suka IPTEK. eksperimen dan videonya bagus-bagus. Saya suka waktu percobaan bola lampu seperti Thomas Alfa Edison. Bagian yang paling saya suka waktu tanya jawab, saya dapat hadiah dari Cerebrofort. Saya pengin Orbit datang lagi ke SD kami.
Astra International
www.sgpfmlampung.com