Seharusnya Katak atau Kodok Ya?

Orbit Root | December 8, 2012 - 6:56pm |

 

Suatu hari di sawah,

“Hai, kodok! Kulit tubuhmu kasar sekali. Lihatlah kulit tubuhku yang mulus ini!” ucap katak.

“Sombong sekali kau, katak! Jika aku sepertimu, aku akan terlihat aneh di tengah keluargaku.” balas sang kodok.

Katak dan kodok merupakan bangsa amfibi anura, Sobat Orbit! Tubuhnya pendek dan lebar, terdiri dari bagian kepala dan badan serta leher yang tak terlihat jelas.

Katak dan kodok memiliki dua pasang tungkai. Sepasang tungkai depan pendek dan ramping, sementara sepasang tungkai belakang lebih panjang dan berguna untuk melompat.

Meski sebangsa, namun katak dan kodok berasal dari jenis yang berbeda lho! Katak memiliki kulit yang tipis halus dan selalu basah, tubuhnya ramping, tungkainya lebih panjang dan ramping. Sedangkan kodok memiliki permukaan kulit yang kasar dan penuh dengan bintil-bintil, serta tubuhnya lebih pendek dan gemuk.

Biasanya katak hidup di daerah yang berair, sedangkan kodok hidup di daerah kering. Wah, sepertinya kita sering keliru ya dengan habitat hewan ini!

Katak hidup di sawah-sawah, hutan, dan daerah-daerah gambut. Banyak sekali jenis-jenis katak, terkadang warna dan bentuknya sangat lucu, sehingga banyak yang dijadikan sebagai koleksi. Sedangkan kodok dapat ditemui di daerah rawa-rawa, sawah-sawah, dan bahkan di lingkungan sekitar kita.

Sahabat Orbit, mengapa kulit katak selalu basah ya? Selain karena habitatnya dekat dengan perairan, ia juga bernafas dengan kulitnya. Hal itu disebut dengan respirasi kulit, sehingga ia butuh membasahi kulitnya untuk bernafas. Kulitnya yang basah juga membantu menjaga suhu tubuh katak agar tetap stabil. Jika tubuhnya kering, katak bisa mati lho!

 

Bagaimana dengan kodok? Pernah dengar kodok beracun?! Ada jenis kodok beracun dan ada pula yang tidak. 

Sama seperti katak, kodok butuh menjaga kestabilan suhu tubuhnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang tinggal ditempat kering, mereka membasahi tubuhnya dengan mengeluarkan kelenjar. Nah, cairan lengket itulah yang disebut racun.

 

Jaz (Berbagai Sumber)

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Kesan Kamu Setelah Mengikuti Roadshow Cinta Iptek?
Jawaban:
  • Dhika (Kelas 5)
    SDN Pulo 03 Pagi Jakarta Selatan
    Acaranya bagus dan seru. Waktu Orbit datang ke sekolah memperagakan percobaan IPTEK kepada anak-anak kelas satu sampai kelas lima. Saya suka video tutorial yang di putar Orbit, jadi pengin mencoba dirumah. Saya jadi suka IPTEK.
  • Armain (Kelas 4)
    SDN Cipete Utara 01 Pagi
    Saya suka Orbit datang ke sekolah, membuat anak-anak jadi suka IPTEK. eksperimen dan videonya bagus-bagus. Saya suka waktu percobaan bola lampu seperti Thomas Alfa Edison. Bagian yang paling saya suka waktu tanya jawab, saya dapat hadiah dari Cerebrofort. Saya pengin Orbit datang lagi ke SD kami.
www.sgpfmlampung.com
Astra International