Oh! Begini Cara Kadal Mengelabui Musuh

Orbit Root | November 29, 2012 - 3:45pm |

Sahabat Orbit, setiap hewan memiliki cara khusus untuk mempertahankan hidupnya. Begitu pun kadal. Walaupun terlihat menjijikan, ternyata kadal hewan yang menarik dan memiliki keunikan lho. Bila musuh datang atau ia merasa terancam, kadal pasti menanggalkan ekor lalu melarikan diri.

Kadal menanggalkan ekor agar dapat terhindar dari bahaya.  Meskipun sudah terlepas dari tubuhnya, ekor kadal masih dapat bergerak karena saraf di dalamnya belum mati. Gerakannya cukup lama, hingga membuat hewan yang tadinya akan memangsa kadal akan terkejut bila melihat ekor kadal yang masih bergerak-gerak itu. Nah, pada saat itulah si kadal segera kabur.

Lalu bagaimana kadal yang ekornya putus itu? kasihan sekali ya.. pasti sakit dan sedih sekali karna ekornya sudah tidak ada.

Hihi.. tenang saja Sobat Orbit. Bagian ujung tulang belakang kadal bercabang. Jika kadal diserang, otot ekornya akan mengeras dan bagian bercabang di ujung tulang belakangnya akan putus.

Meskipun ekor kadal putus, ekornya akan tumbuh kembali kok,  karena kadal memiliki sel yang yang dapat mengeluarkan ekor baru.

Saat ekornya tanggal, kadal juga tidak merasa sakit. Karena di dalam ekor kadal tidak terdapat tulang belakang, hanya tulang rawan. Keren sekali ya!

Selain kadal, ada beberapa hewan yang bagian tubuhnya bisa tumbuh lagi meskipun terpotong. Seperti cicak, yang keunikannya hampir mirip dengan kadal saat ekornya terpotong. Begitu pula cacing yang bagian kepalanya bisa membentuk ekor baru dan terus hidup.  Lalu bintang laut, yang meskipun tubuhnya terpotong, asalkan masih ada bagian yang tersisa, maka bagian itu akan tumbuh kembali. Hebat sekali ya!

 

Nsa

 

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Siapa Tokoh yang Mengispirasi Kamu?
Jawaban:
  • Adit
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya ingin jadi pemain bola yang hebat seperti Crishtiano Ronaldo. Dia adalah pemain penyerang dari Portugal tim Real Madrid. Sebagai penyerang, kehebatan Ronaldo adalah mencetak gol. Saya ingin sekali bisa seperti Ronaldo.
  • Chintya
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya suka menyayi dan menggambar, tapi kalau sudah besar saya ingin seperti Miss Anin, guru saya di sekolah. Jadi guru harus pintar pelajaran apa saja, harus bisa menyanyi dan menggambar juga.