Mengapa Bisa Terjadi Badai?

| April 9, 2013 - 3:56pm |

Sahabat Orbit, pernah melihat badai? Bencana yang satu ini sangat ditakuti oleh banyak orang di beberapa tempat lho. Badai adalah cuaca yang ekstrim. Mulai dari hujan es, badai salju, hujan badai hingga badai pasir dan debu. Oleh meteorolog badai disebut juga ‘Siklon Tropis’.

Badai berasal dari samudera yang hangat. Badai bergerak di atas laut mengikuti arah angin dengan kecepatan sekitar 20 km per jam. Badai bukan angin ribut biasa. Kekuatan anginnya dapat mencabut pohon besar dari akarnya, meruntuhkan jembatan, dan menerbangkan atap bangunan dengan mudah.

Tiga hal yang paling berbahaya dari badai adalah sambaran petir, banjir bandang, dan angin kencang. Terdapat berbagai macam badai, seperti badai hujan, badai guntur, dan badai salju. Badai paling merusak adalah badai topan (hurricane), yang dikenal sebagai angin siklon (cyclone) di Samudera Hindia atau topan (typhoon) di Samudera Pasifik.

Penyebab badai adalah tingginya suhu permukaan laut. Perubahan di dalam energi atmosfer mengakibatkan petir dan badai. Badai tropis ini berpusar dan bergerak dengan cepat mengelilingi suatu pusat, yang sumbernya berada di daerah tropis. Pada saat terjadi angin ribut ini, tekanan udara sangat rendah disertai angin kencang dengan kecepatan bisa mencapai 250 km per jam. Hal ini bisa terjadi di Indonesia maupun negara lain lho. Di dunia, ada tiga tempat pusat badai, yaitu di Samudera Atlantik, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik.

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Kesan Kamu Setelah Mengikuti Roadshow Cinta Iptek?
Jawaban:
  • Dhika (Kelas 5)
    SDN Pulo 03 Pagi Jakarta Selatan
    Acaranya bagus dan seru. Waktu Orbit datang ke sekolah memperagakan percobaan IPTEK kepada anak-anak kelas satu sampai kelas lima. Saya suka video tutorial yang di putar Orbit, jadi pengin mencoba dirumah. Saya jadi suka IPTEK.
  • Armain (Kelas 4)
    SDN Cipete Utara 01 Pagi
    Saya suka Orbit datang ke sekolah, membuat anak-anak jadi suka IPTEK. eksperimen dan videonya bagus-bagus. Saya suka waktu percobaan bola lampu seperti Thomas Alfa Edison. Bagian yang paling saya suka waktu tanya jawab, saya dapat hadiah dari Cerebrofort. Saya pengin Orbit datang lagi ke SD kami.
Merdeka.Com