Makanan Ekstrim Khas Manado

Jesica Fitria | September 2, 2013 - 5:03pm |

Indonesia adalah tanah air yang kaya akan suku, budaya dan semacamnya, Sobat Orbit. Jangankan kesenian dari tiap adat-istiadat, berbagai macam kuliner pun melimpah ruah di sini. Coba tengok kuliner khas Sulawesi Utara!
Nampak berbeda dengan makanan-makanan yang sering kita nikmati, cukup banyak makanan aneh atau bahkan ekstrim yang berasal dari Manado ini. Apa saja?
1. Saut
Sayuran yang berasal dari batang pisang muda (batang paling dalam setelah pelepahnya dikeluarkan), kemudian diiris kecil-kecil dan dibumbui.
2. Tinoransak
Makanan tradisional dengan bahan utama berupa daging babi. Cara pembuatan tinorasak ini adalah daging babi, darah babi, dan sayuran pendukung dimasukan ke dalam bambu, kemudian dibakar.
3. Kawok
Kawok adalah makanan berbahan dasar tikus, Sobat Orbit. Tidak semua tikus dapat diolah menjadi masakan. Tikus tersebut adalah tikus yang ditangkap dari hutan, terutama yang menjadi favorit adalah tikus berekor putih.
Sebelum dimasak, tikus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibakar dan dikeluarkan sebagian isi perutnya. Kemudian, barulah diolah.
4. Paniki
Paniki adalah makanan yang berbahan dasar kelelawar. Sebelum dimasak, kelelawar dibakar untuk membersihkannya dari bulu-bulu halus, kemudian dimasak dengan bumbu santan.
5. RW
RW adalah daging anjing yang dimasak dengan cara khas Manado, yakni dimasak bersama-sama dengan rica.
Semua jenis makanan di atas wajib ada dalam setiap kali pesta pernikahan khas Sulawesi Utara, terlebih di tanah Minahasa.

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Kesan Kamu Setelah Mengikuti Roadshow Cinta Iptek?
Jawaban:
  • Dhika (Kelas 5)
    SDN Pulo 03 Pagi Jakarta Selatan
    Acaranya bagus dan seru. Waktu Orbit datang ke sekolah memperagakan percobaan IPTEK kepada anak-anak kelas satu sampai kelas lima. Saya suka video tutorial yang di putar Orbit, jadi pengin mencoba dirumah. Saya jadi suka IPTEK.
  • Armain (Kelas 4)
    SDN Cipete Utara 01 Pagi
    Saya suka Orbit datang ke sekolah, membuat anak-anak jadi suka IPTEK. eksperimen dan videonya bagus-bagus. Saya suka waktu percobaan bola lampu seperti Thomas Alfa Edison. Bagian yang paling saya suka waktu tanya jawab, saya dapat hadiah dari Cerebrofort. Saya pengin Orbit datang lagi ke SD kami.
Astra International
www.sgpfmlampung.com